Manfaat Asuransi Kesehatan dari Sudut Pandang Perusahaan dan Karyawan

0

Salah satu manfaat asuransi kesehatan karyawan yang bisa dirasakan adalah memberikan perlindungan berupa jaminan finansial ketika karyawan mengalami sakit hingga kecelakaan. Misalnya, ketika Anda sakit, Anda bisa langsung pergi ke rumah sakit untuk mendapat pengobatan, tanpa harus mengeluarkan sepeser pun karena sudah ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi. Bahkan, biasanya untuk obat sekali pun sudah di-cover. Jadi, sungguh menguntungkan sekali, bukan?

Mengingat pentingnya asuransi kesehatan ini, banyak perusahaan yang pada akhirnya menyediakan asuransi kesehatan untuk para karyawannya. Tidak hanya itu, adanya fasilitas asuransi kesehatan pada sebuah perusahaan juga membawa dampak tersendiri. Apa saja dampaknya, berikut ini dilansir dari situs Tagar:

  • Mengurangi ketidakhadiran. Makin banyak pekerja yang sehat, maka semakin kecil kemungkinan mereka menderita cedera sehingga ketidakhadiran dapat diminimalisir sebisa mungkin.
  • Menjadi pelengkap perekrutan. Pasalnya, pekerja yang dicari kerap mempunyai keuntungan dalam negosiasi perihal tunjangan pekerjaan. Bila calon pekerja memilih salah satu pekerjaan, maka tunjangan asuransi kesehatan dapat memberikan keuntungan saat perekrutan.
  • Meningkatkan penyediaan. Ketika pekerja cenderung bertahan bersama perusahaan dengan penawaran manfaat asuransi kesehatan, maka mereka dapat menjadi lebih ‘mahal’ untuk ditukar secara individual.
  • Meningkatkan kepuasan karyawan. Pekerja akan memberi nilai tinggi dan merasa lebih suka pada pekerjaan dan perusahaan dengan pemberian manfaat kesehatan yang baik.
  • Menghemat uang. Penawaran asuransi kesehatan dapat menghemat banyak uang tiap tahun bagi perusahaan. Karenanya, pemberian tunjangan kesehatan menolong pekerja agar terus bekerja dengan optimal dan produktif serta menambah loyalitas terhadap kantornya.

 

Sementara itu, ada juga beberapa manfaat asuransi kesehatan bagi karyawan dalam beberapa poin, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meminimalisir risiko. Hak utama dalam bekerja ialah memperoleh asuransi kesehatan, sebab musibah sakit atau kecelakaan dapat terjadi kapan saja di luar dugaan. Karenanya, karyawan perlu mendapatkan perlindungan kesehatan dengan adanya asuransi kesehatan.
  • Meningkatkan kesejahteraan pekerja. Dampak baik akan tercipta sebab pekerja telah memperoleh jaminan kesehatan. Upaya ini juga dapat meningkatkan produktivitas, sebab perusahaan akan menanggung biaya perawatan sehingga karyawan tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya besar.
  • Memberi rasa nyaman saat bekerja. Dengan perlindungan yang ada, maka pekerja merasa nyaman dari banyak risiko yang mungkin menimpanya. Pasalnya, proteksi dari asuransi dapat menanggung risiko kerugian finansial.
  • Menjadi tabungan dan investasi. Biaya bulanan rendah menjadikan tertanggung memperoleh proteksi lebih besar dari biaya bulanannya. Ketika terjadi kecelakaan, pemilik asuransi langsung mengklaim ke perusahaan asuransi terkait, bahkan ada pula proteksi santunan kematian, cacat, dan sebagainya.

 

Karyawan aset besar bagi sebuah perusahaan. Dengan adanya asuransi, perusahaan dapat melindungi karyawan secara finansial. Untuk itu, jaminan kesehatan berupa asuransi kesehatan menjadi tunjangan wajib oleh perusahaan untuk diberikan kepada karyawannya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.